Cara Menjaga Kualitas dan Produksi ASI Saat Puasa

Cara Menjaga Kualitas dan Produksi ASI Saat Puasa

Bulan Ramadhan sudah tiba, semua umat muslim didunia wajib melakukan ibadah puasa, termasuk ibu menyusui. Sebagian ibu ternyata menyusui tidak menjadi penghalang untuk menjalankan puasa pada bulan ini.

Ibu menyusui sangat membutuhkan makanan yang banyak mengandung serat dalam memproduksi ASI.

Pada saat ramadhan ibu diperbolehkan untuk puasa tetapi, ibu harus mengkonsumsi makanan seimbang (Menjaga asupan makanan) dan minum dengan baik agar tidak terjadi dehidrasi.

Perlu ibu ketahui,

ibu menyusui membutuhkan tambahan kalori 700 kkal sehingga asupan kalori total 2.200-2.700 kkal setiap harinya.

Asupan tersebut setara dengan tiga porsi makan menu utama dan ditambah porsi kecil menu tambahan atau selingan. Meskipun berpuasa, ibu sangat disarankan makan dan minum sama seperti sebelum puasa.

Berikut kami memberikan tips agar ibu berpuasa dapat menjaga kualitas ASI :

1. Penuhi kebutuhan Serat

Anda harus mengkonsumsi sayuran untuk memenuhi kebutuhan serat. Sayuran dapat membantu Anda pada saat puasa karena anda akan merasa kenyang lebih lama.

Sayuran akan mencegah kontipasi dan kaya akan keroten, lycope, vitamin A dan zat anti oksidan lainnya.

Beberapa makanan yang bisa jadi anternatif untuk bunda konsumsi antara lain: ikan salmon, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, bluberi, Beras coklat /beras merah, jeruk, telur, Roti gandum (whole wheat bread), Sayuran berwarna hijau dan air yang cukup.

2. Makan 3 kali sehari

Walaupun sedang berpuasa ibu menyusui harus tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang.

Pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih.

Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak.

Hal ini dilakukan agar gizi dan nutrisi dapat terpenuhi, dan jangan lupa hindari memakan makanan yang pedas.

3. Banyak minum Air

Untuk menghindari dehidrasi ibu harus banyak minum Air. Anda bisa minum air putih sebanyak 2 liter/hari. Selain itu, ibu juga dapat menambah minum jus buah/sayur dan susu.

Minum segelas susu setiap sahur dan minum air hangat saat berbuka puasa, agar merangsang kelancaran ASI bagi ibu.

Apalagi saat berpuasa tentu bunda menyusui cukup kekurangan cairan, jadi jangan sampai malas minum dimalam hari. Karena biasanya kita itu sering lupa, minum hanya setelah berbuka dan sahur saja.

4. Istirahat yang cukup

Untuk mengurangi rasa lemah dan lesu anda disarankan untuk istirahat, termasuk untuk ibu yang bekerja. Ibu menyusui harus memperhatikan kesehatan tubuhnya.

Ada baiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk tidur siang setidaknya 30-60 menit di siang hari atau bersantai menenangkan pikiran anda.

Bersikaplah tenang dan minimalisir rasa cemas/ stress karena perasaan cemas/ stress hanya akan menghambat hormon oksitosin mengeluarkan ASI dari payudara sehingga seolah-olah produksi ASI berkurang.

5. Bekerja, menyusui dan berpuasa

Ini salah satu tantangan yang cukup berat, karena otomatis waktu istirahat juga berkurang bahkan tidak ada.

Jika memang harus bekerja, sebaiknya bunda tetap memerah ASI di tempat kerja, karena jika ASI dibiarkan & tidak dikeluarkan maka produksi ASI akan menurun.

Bila bunda memiliki aktifitas yang cukup tinggi selama Ramadhan, bisa dipertimbangkan untuk tidak berpuasa jika si kecil masih menyusu, sebab dalam agama Islam pun ada keringanan bagi ibu yang menyusui.

6. Nutrisi untuk memperlancar ASI

Nah, ada kalanya ketika kita sudah makan banyak dan bergizi serta bervariasi, namun produksi ASI tidak kunjung meningkat, bagaimana ini?

Maka tidak ada salahnya didukung dengan nutrisi untuk memperlancar ASI. Nutrisi yang dimaksud di sini adalah nutrisi tambahan selain makanan yang rutin kita makan pagi siang dan malam.

Bisa dengan meminum madu, kurma dan habbatussauda, diharapkan kuantitas dan kualitas ASI tetap terjaga, karena madu, kurma dan habbatussauda merupakan vitamin alami dan komposisinya lengkap.

Selain itu salah satu nutrisi pelancar ASI yang banyak dikonsumsi adalah teh Mama Asix (sudah mengandung habbatussauda).

Pemesanan & Konsultasi Hubungi SMS/WA 0812-9557-8467

klik gambar dibawah untuk otomatis add/invite

Mama Asix ini semacam teh yang mengandung beberapa kandungan herbal. Sudah banyak ibu-ibu menyusui yang tebantu dengan nutrisi ini.

Berdasarkan penelitian, dengan mengonsumsi Mama Asix ini produksi ASI akan meningkat pesat hingga 9 kali lipat, alias 900%. Tentu hasilnya bervariasi, tidak bisa sama antara ibu satu dan lainnya.

4 Cara Melancarkan ASI Secara Alami yang Aman untuk Ibu dan Bayi

Komposisi Teh Mama Asix

Bunda bisa merasa tenang karena Mama asix terbuat dari bahan herbal berkualitas yang aman & kandungan yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Teh Mama Asix telah memiliki izin DEPKES RI 2133524010914-21 dan 100% Herbal

Berikut komposisi/ kandungan dalam teh Mama Asix:

biji-habbatus-sauda-300x200

  • Habbatussauda

Habbatussauda dapat meningkatkan jumlah susu pada ibu menyusui berkat kombinasi unsur lipid dan struktur hormon yang terdapat di dalamnya. Selain itu, jintan hitam juga mengandung arginineyang penting bagi pertumbuhan

fenugreek-seeds-300x228

  • Fenugreek seed & Fenugreek powder

Fenugreek telah digunakan sejak jaman dahulu di Timur Tengah, Afrika Utara dan India untuk menstimulasi produksi ASI. Penelitian menunjukan bahwah fenugreek dapat meningkatkan produksi ASI sampai dengan 900%. Kandungan minyak dalam biji fenugreek dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI.

Fennel-Seeds

  • Fennel Seeds & Fennel powder

Fennel dipercaya merangsang terjadinya Let Down Reflect (LDR) atau refleks keluarnya hormon oksitosin yang menstimulasi keluarnya ASI (milk ejection reflex).

aniseed-kick-flavour-eliquid-300x255

  • Anise

Anise mengandung banyak fitoestrogen yang berfungsi menyeimbangkan hormon yang memproduksi asi (estrogen, oksitosin, dan prolaktin) selama masa menyusui.

Tapi apakah benar mama asix bisa membantu? saya sudah sering minum pelancar asi tapi hasilnya sama saja!

Ini adalah beberapa pengakuan para bunda yang sudah konsumsi Mama Asix yang langsung dikirim kepada saya lewat sms/bbm/wa/line.

Testimoni Mama Asix, Kata Mereka yang Sudah Mengkonsumsi

dan masih banyak lagi testimoni Mama Asix yang lainya sebagai asi booster yang bagus, untuk testimoni yang lain bisa bunda baca di halaman testimoni

Pemesanan & Konsultasi Hubungi

ida susmiati

Ibu Ida Susmiati

Ds. Sambangrejo Kec. Modo Lamongan
(Silahkan berkunjung ke toko kami di Pasar Mojorejo Kec. Modo Lamongan)

Format Order: Pesan MA, Nama, Alamat Lengkap, No HP, Jumlah Order

Contoh: Pesan MA, Ida Susmiati, Ds. Sambangrejo Kec. Modo Lamongan 62275 Jatim, 081295578467, 1 botol

Harga 1 botol Mama Asix hanya Rp 120.000,- (harga belum termasuk ongkir)

SMS/WA: 0812-9557-8467

klik gambar dibawah untuk otomatis add/invite

Kami penjual terpercaya, berpengalaman melayani lebih dari 500 pengiriman tiap bulan ke seluruh Indonesia

Kami memakai Ekspedisi :

  • J&T / POS.
  • 1 Kg bisa isi 4 Botol
  • Packing Rapi dan Aman

Dengan langkah-langkah di atas, ibu yang menyusui tak perlu khawatir lagi dengan kualitas dan produksi ASI. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi ibu yang menyusui saat berpuasa.