Pengaruh Konsumsi Makanan Pedas Saat Menyusui

Pengaruh Konsumsi Makanan Pedas Saat Menyusui

Makanan pedas memiliki banyak penggemar tidak hanya para remaja namun juga para orang tua dan lain sebagainya.

Bahkan tidak heran para ibu menyusui juga sangat menyukai makanan pedas jika pada dasarnya mereka menyukai makanan pedas sulit untuk menghindari atau berhenti mengkonsumsinya.

Segala macam makanan akan terasa nikmat jika memiliki cita rasa yang pedas.

Rasa pedas yang berlebih sebenarnya juga tidak bagus jika dikonsumsi secara terus menerus karena akan menimbulkan berbagai penyakit.

Bahkan dalam kasus ibu menyusui hampir semua dokter melarang atau menganjurkan untuk menghindari atau minimal mengurangi makanan yang pedas jika masih dalam masa-masa menyusui.

Hal ini dikarenakan sang ibu mengkonsumsi makanan pedas secara terus menerus maka bukan tidak mungkin nantinya akan mempengaruhi si bayi terlebih lagi jika si bayi masih mendapatkan ASI eksklusif.

Dalam kasus sang ibu pecinta makanan pedas sungguh sangat berdampak pada si bayi nantinya.

Pasalnya cabai mengandung zat capsaisin yang dapat menimblkan alergi walaupun pada dasarnya cabai memiliki banyak manfaat.

Oleh karena itu makanan pedas harus tetap dibatasi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang buruk terjadi.

Namun sebenarnya produksi ASI tidak akan berpengaruh meskipun mengkonsumsi makanan pedas karena ASI tidak akan ikut menjadi terasa pedas.

Akan tetapi bisa memicu terjadinya diare pada sang ibu dan juga si bayi.

Jika si bayi mengalami masalah pencernaan atau diare, tentu saja hal ini disebabkan karena si bayi alergi atau sensitif terhadap makanan pedas.

Memang makanan pedas yang dikonsumsi sang ibu tidak akan langsung menimbulkan gangguan pencernaan pada bayi.

Namun ibu yang mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan alergi pada bayi karena adanya zat capsaicin tadi yang dapat membuat si bayi menjadi sensitif bahkan alergi terhadap makanan pedas.

Walaupun seperti tetap saja tidak akan membuat ASI memiliki rasa pedas.

Itulah pengaruh jika sang ibu mengkonsumsi makanan pedas selama masa menyusui. Namun banyak juga bayi yang tidak menimbulkan reaksi macam-macam walaupun sang ibu rutin mengkonsumsi pedas.

Ada baiknya jika menguranginya  sedikit demi sedikit agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan hanya karena kenikmatan dan kepuasan perut semata.

Jangan lupa download juga ebook CARA LANCARKAN ASI. asi lancar, anak pintar! sebagai buku saku bunda di masa menyusui.

Baca juga: Pengaruh diet terhadap produksi ASI