5 Cara Merawat Payudara Saat Menyusui Agar Tetap Kencang dan Bersih

5 Cara Merawat Payudara Saat Menyusui Agar Tetap Kencang dan Bersih

Menjadi seorang ibu merupakan impian besar semua kaum wanita di dunia ini. Ketika sang buah hati lahir ke dunia maka semua tertuju kepadanya dan semua perhatian teralihkan kepada si bayi.

Menjadi ibu akan terasa lengkap jika memberikan buah hatinya ASI eksklusif selama enam bulan pertama hal ini sangat berdampak positif bagi perkembangan si bayi.

Pasalnya tidak ada makanan yang mampu menyaingi nutrisi dan gizi yang ada didalam ASI. Bahkan jika dengan susu formula pun masih jauh lebih bagus ASI. Oleh karena itu memberikan ASI merupakan kewajiban terpenting.

Namun selain memberikan ASI kepada sang buah hati seorang ibu juga harus selalu merawat payudaranya secara rutin ketika masa menyusui agar pemberian ASI dapat dilakukan secara optimal.

Merawat payudara sangatlah penting terutama pada masa-masa sedang menyusui. Puting merupakan bagian dari payudara yang sangat perlu diberi perawatan rutin selama masa menyusui.

Melalui putinglah sang buah hati mendapatkan asupan makanannya. Maka dari itu, puting payudara harus selalu dijaga kebersihan dan kesehatannya.

Selain dapat mengoptimalkan pemberiaan ASI kepada sang buah hati, merawat payudara saat menyusui juga dapat memperlancar produksi ASI.

Berikut ini adalah kiat-kiat yang harus dilakukan oleh sang ibu untuk merawat payudara saat sedang mengalami masa-masa menyusui.

1. Pilih Bra Khusus

Memilih dan menggunakan bra yang dapat menyerap keringat. Selain itu, pilihlah ukuran yang pas agar tidak terlalu sempit ataupun terlalu besar guna menyangga payudara dengan baik.

Pilihlah bra yang dikhususkan untuk ibu menyusui, hal ini dapat mempermudah sang ibu dalam memberikan ASI.

2. Rutin Bersihkan Puting

Bersihkanlah puting payudara dengan menggunakan air hangat setiap selesai mandi. Hindari pemakaian sabun terhadap puting karena akan membuat puting kering dan terkelupas. Terkelupasnya lapisan puting akan menimbulkan rasa nyeri pada saat menyusui.

3. Gerakan Otot

Lakukanlah gerakan-gerakan otot pada tubuh yang berfungsi sebagai penopang payudara, hal ini dapat mempertahankan bentuk payudara setelah masa menyusui dan juga dapat memperlancar produksi ASI.

4. Pijat Payudara

Pijatlah bagian puting payudara dan daerah sekitarnya secara lembut dengan menggunakan telunjuk dan ibu jari.

Pemijatan ini dapat menambah kelenturan dan kelembaban payudara bahkan dapat menghilangkan sel-sel kulit mati.

Untuk melakukan pemijatan ada baiknya untuk menggunakan baby oil, olive oil ataupun minyak kelapa dan ketika sudah selesai dipijat maka bersihkan puting dengan menggunakan air hangat.

5. Atasi Gigitan Bayi

Jika puting mengalami kelecetan akibat gigitan sang buah hati maka oleskan beberapa tetes ASI pada bagian puting yang lecet dan biarkan hingga mengering sebelum menutupnya dengan bra. ASI merupakan penyembuh luka pada puting akibat gigitan sang buah hati.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Gigitan Bayi Saat Menyusui

Itulah beberapa cara untuk merawat puting ketika sang ibu masih aktif dalam masa menyusui. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa download juga ebook CARA LANCARKAN ASI. asi lancar, anak pintar! sebagai buku saku bunda di masa menyusui.