5 Cara Mengatasi Payudara Bengkak Pada Ibu Menyusui

5 Cara Mengatasi Payudara Bengkak Pada Ibu Menyusui

Peristiwa membengkaknya payudara ketika awal menyusui merupakan keadaan yang normal. Keadaan ini akan lebih banyak terjadi pada ibu yang tidak dapat memberikan ASI kepada bayinya karena alasan-alasan tertentu.

Tanda-tanda terjadinya pembengkakkan di payudara adalah rasa nyeri, keras, payudara penuh dan membesar, serta perasaan tidak nyaman dengan payudara. Kondisi ini biasa terjadi di hari pertama setelah melahirkan.

Ketika payudara membengkak Anda harus segera tanggap. Apabila tidak segera diobati bayudara ini dapat menyebabkan masalah lain, seperti kesakitan pada tubuhnya.

Untuk mengatasi payudara bengkak pada saat menyusui bunda dapat melakukan beberapa cara dibawah ini.

1. Pemberian ASI Secara Rutin Kepada Bayi

cara mengatasi payudara bengkak
1# mengatasi payudara bengkak dengan rutin menyusui langsung

Susui bayi sesering mungkin, bisa 8-12 kali sehari, beri bayi ASI kapan pun ia memintanya, walaupun di tengah malam.

Dengan pemberian secara rutin payudara tidak akan mengeras karena ASI yang penuh. Ketika bunda merasa payudara sudah mengeras dan penuh segeralah berikan ASI kepada bayi.

Dengan menyusui akan membantu pengosongan payudara dan menghindari terjadinya pembengkakan.

Biasanya di awal akan terasa menyakitkan, berusahalah agar tetap menyusui. Meski menyakitkan pada awalnya, menyusui harus tetap dilakukan agar kondisi bunda membaik.

Baca juga: Cara Mengatasi Gigitan Bayi Saat Menyusui

2. Mengatasi Payudara Bengkak dengan Memerah ASI

mengatasi payudara bengkak
2# memerah asi/ memompa asi bisa mengatasi payudara yang bengkak

Ketika bayi tidak mau menyusu langsung, lakukan pemerahan ASI. Bayi akan kesulitan untuk menyusu ketika payudara Anda mengeras dan bengkak.

Maka dari itu keluarkan ASI menggunakan tangan dengan cara memijat payudara, bunda bisa menggunakan pompa ASI untuk membantu meringankan payudara.

Pahami pula cara memilih pompa ASI yang bagus dan tidak sakit supaya hasilnya maksimal dan tidak menyiksa bunda.

Jika hasil pompa banyak ini malah bagus, bisa dibekukan sebagai stok ASI perah dirumah untuk diberikan saat bayi membutuhkan/ saat produksi asi turun.

3. Kompres Payudara yang Bengkak Sebelum dan Sesudah Menyusui

mengatasi payudara bengkak
3# rutin kompres dengan air hangat dan dingin untuk mengatasi payudara bengkak.

Kompres payudara dengan air hangat sebelum bunda menyusui, dan kompres payudara dengan air dingin setelah menyusui.

Sebelum menyusui letakkan kain hangat pada payudara atau mandilah dengan air hangat dan pijat perlahan payudara untuk mengeluarkan sedikit air susu, lebih detailnya silahkan baca cara merawat payudara saat menyusui.

Pada saat menyusui letakkan kain dingin pada payudara di antara waktu menyusui. Suhu dingin akan membuat pembuluh darah berkontraksi.

Caranya cukup dengan membungkus es menggunakan handuk yang bersih lalu usapkan pada payudara yang bengkak hingga ke ketiak. Lakukan selama kurang lebih 10 menit.

4. Pemijatan Pada Bagian Payudara yang Terasa Sakit

mengatasi payudara bengkak
4# pijat area payudara yang sakit untuk mengatasi payudara yang bengkak

Sirkulasi darah ASI dapat diperlancar dengan pemijatan lembut di sekitar payudara.

Penanganan pembengkakkan pada payudara ibu menyusui harus dilakukan dengan segera. Apabila telat dalam menanganinya, dapat timbul penyakit baru yang lebih berbahaya.

Salah satunya adalah mastitis atau keadaan jaringan payudara yang terinfeksi bakteri. Penyakit ini dapat dideteksi ketika ibu menyusui mengalami demam dan menggigil.

Apabila hal ini terjadi segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter pribadi. Jangan biarkan lebih lama lagi, karena akan semakin menyiksa Anda dan buah hati.

5. Memakai Bra Menyusui yang Nyaman

mengatasi payudara bengkak
5# gunakan bra khusus menyusui untuk mengatasi payudara bengkak

Gantilah bra dengan ukuran yang lebih besar, namun pas dan bisa menyokong payudara dengan baik. Pakailah bra yang membuat Anda nyaman, jangan terlalu ketat. Sebaiknya pakai bra yang khusus untuk menyusui.

Jangan lupa share artikel ini supaya ibu yang punya permasalahan seperti anda juga cepat mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasi payudara bengkak.