5 Cara Mengatasi Gigitan Bayi Saat Menyusui

5 Cara Mengatasi Gigitan Bayi Saat Menyusui

Mempunyai buah hati memang merupakan hal dambaan semua orang tua. Selama Sembilan sang ibu mengandung lalu akan tiba saatnya dimana nantinya si buah hati akan lahir ke dunia ini dengan tangisannya yang mampu membuat sang ibu meneteskan air mata.

Menjadi seorang ibu pastinya siklus kehidupan akan mulai berubah dimana sang ibu harus bangun ditengah malam karena si buah hati menangis.

Perhatiannya lebih akan condong kepada si buah hati karena ia merupakan anggota keluarga baru didalam rumah.

Menjadi seorang ibu akan terasa lengkap jika memenuhi kebutuhan ASI si buah hati melalui ASI eksklusif. ASI eksklusif ini adalah pemberian ASI sedini mungkin setelah persalinan, diberikan tanpa jadwal dan tidak diberi makanan lain walaupun hanya air putih sampai si buah hati berusia 6 bulan.

Ketika si buah hati sudah melewati usia 6 bulan barulah bisa diberikan makanan lainnya dan tetap diberi ASI sampai usianya menginjak usia 2 tahun. Itulah prosedur yang baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh si buah hati.

Saat si buah hati sudah beranjak besar terkadang mereka suka menggigit ketika sedang diberikan ASI. Ada beberapa penyebab si buah hati melakukan gigitan salah satunya adalah tumbuhnya gigi. Biasanya si buah hati menggigit putting oayudara ketika ia mulai tumbuh gigi.

Hal ini disebabkan karena gusinya terasa gatal sehingga ketika sedang menghisap payudara, ia pun akan menggigit-gigit untuk mengurangi rasa gatalnya.

Akibatnya putting sang ibu bisa saja menjadi lecet dan terasa perih. Kadang inilah masalah serius yang harus diselesaikan oleh sang ibu.

Ada beberapa cara untuk mengatasi gigitan bayi saat menyusui, antara lain:

1. Bersikap Tetap Tenang

Ketika si buah hati sudah mulai menggigit maka usahakan untuk bersikap tetap tenang walaupun terasa sakit karena ketika sang ibu teriak maka gigitannya akan semakin kencang. Hal ini disebabkan oleh rasa kaget si buah hati akan teriakan sang ibu yang membuat ia menguatkan gigitannya.

2. Berikan Pelukan dan Ciuman

Ketika si buah hati mulai menggigit maka segera peluk dan cium dengan melakukannya berulang-ulang sampai ia melepaskan putting payudara sang ibu.

3. Siapakan Jari Tangan

Cara lainnya adalah dengan menyelipkan ujung jari kelingking disamping mulut si buah hati hingga membuatnya melepaskan gigitannya.

4. Lebih Memahaminya

Sang ibu harus lebih paham kapan sebenarnya si buah hati lapar dan kapan ia sudah bosan untuk menyusu. Jangan memberinya ASI ketika ia tidak benar-benar lapar karena nantinya ia hanya akan menggigit-gigit.

5. Berikan Mainan Karet

Umumnya mereka menggigit karena akan tumbuh gigi yang membuat gusi menjadi gatal maka berikanlah mainan dari karet untuk digigit olehnya. Sang ibu dapat memberikan sesudah dan sebelum menyusui.

Jangan lupa download juga ebook CARA LANCARKAN ASI. asi lancar, anak pintar! sebagai buku saku bunda di masa menyusui.