Cara Memilih Pompa ASI yang Bagus dan Tidak Sakit

Cara Memilih Pompa ASI yang Bagus dan Tidak Sakit

Kewajiban ibu setelah melahirkan adalah menyusui bayi.  Bayi sangat membutuhkan  perawatan yang optimal  termasuk memberikan ASI.

World Helath Organize (WHO) menganjurkan pemberian ASI secara eklusif , yaitu ASI saja sampai  bayi berumur 6 bulan, tanpa tambahan cairan atau makanan apapun.

Banyak kendala yang timbul selama enam bulan pemberian ASI seperti ibu yang harus bekerja setelah selesai cuti. Menyediakan ASI cadangan seperti memerah ASI sering dilakukan oleh  para ibu yang bekerja. Akan tetapi sering sekali ibu mendapatkan kesulitan memerah ASI.

Cara memerah ASI dapat dilakukan menggunakan tangan atau pompa ASI. Memerah ASI menggunakan pompa ASI menjadi alat yang banyak diminati bagi ibu, yang mempunyai banyak aktivitas diluar rumah.

Pompa ASI sangat aman digunakan dan dapat digunakan dimana saja. Akan tetapi, menggunakan pompa ASI harus diperhatikan oleh para ibu. Berikut kami memberikan tips cara memilih pompa ASI yang bagus:

  1. Ibu harus memperhatikan dengan baik bahan dari pompa ASI. Pompa ASI kebanyakan terbuat dari bahan plastik. Pompa ASI yang baik digunakan adalah bahan plastik yang aman dari Bishepnol A.
  2. Bentuk pompa ASI yang aman digunakan yaitu bentuk selindris. Pompa ASI bentuk Selindris mudah untuk dibersihkan dan nyaman untuk gunakan. Bentuk terompet akan menyulitkan anda mendapatkan ASI. Sebaiknya memilih pompa ASI yang dapat digunkana dalam jangka 6 bulan. Hindari Pompa ASI yang terbuat dari karet  akan sulit untuk dibersihkan.
  3. Ibu harus memilih sesuai dengan kebutuhan. Pompa manual dapat digunakan, bagi ibu yang mempunyai banyak waktu luang. Selain itu, jika anda tidak memiliki banyak waktu anda dapat memilih pompa baterai.
  4. Usahakan memilih pompa dengan daya isap sesuai kebutuhan. Pompa dengan daya hisap tinggi kemungkinan akan membuat paudara anda sakit. Pompa manual  biasanya memiliki daya hisap rendah dan sesuai dengan kekuatan tangan ibu.
  5. Sebaiknya memilih pompa yang memiliki botol penampung. Botol penampung yang langsung berhubungan dengan pompa berfungsi mebuat ASI anda tetap steril.

Berikut tips yang dapat anda perhatikan memilih pompa ASI untuk memerah ASI. Bagi anda yang memilih pompa ASI sebaiknya sesuai dengan kebutuhan dan memperhatikan keamanan anda dan bayi anda.

Baca juga: