Bolehkan Ibu Menyusui Saat Sakit

Bolehkan Ibu Menyusui Saat Sakit

Semua wanita pasti menginginkan menjadi seorang ibu seutuhnya. Untuk mencapai semua itu maka seorang wanita diharuskan menempuh jalan yang tidak mudah yaitu mengandung bayi selama Sembilan bulan kemudian melahirkannya dengan mempertaruhkan nyawa dirinya sendiri lalu setelah itu memberi sang buah hati ASI eksklusif.

Semua itu akan ditempuh dengan rasa bahagia oleh semua ibunda di muka bumi ini. Kebahagiaan seorang ibu tidak bisa digambarkan dengan apapun apalagi jika pertama kali mendengar buah hatinya menangis pasca melahirkan.

Seorang ibu dianjurkan bahkan diwajibkan untuk memberikan ASI kepada buah hati mereka selama enam bulan pertama agar perkembangan sang buah hati meningkat.

Menyusui merupakan prose salami untuk memberikan ASI pada bayi. ASI memiliki manfaat yang sangat baik dan banyak antara lain adalah untuk melengkapi nutrisi, mengoptimalkan perkembangan, dan menjaga daya tahan tubuh pada bayi.

Selain itu, ASI juga dapat menjalin ikatan emosional antara seorang ibu dengan anaknya menjadi lebih erat dan kuat.

ASI merupakan makanan terbaik untuk semua bayi terlebih lagi jika dibandingan susu formula dan makanan lainnya. Jelas kualitas ASI diatas makanan lainnya.

Keuntungan lainnya ASI dapat diperoleh kapanpun dan secara cuma-cuma atau gratis tidak berbayar seperti makanan lainnya.

Namun yang masih banyak perbincangan mengenai kasus menyusui ialah bagaimana jika seorang ibu sedang tidak sehat atau mengalami sakit, apakah sang ibu masih dapat menyusui buah hatinya?

Sebenarnya jika sang ibu sedang sakit tidak ada larangan untuk memberhentikan pemberian ASI. Proses menyusui dapat terus berlancar asalkan sang ibu dapat mencegah atau meminimalisir penularan kepada sang buah hati.

Sang ibu disarankan untuk tidak takut menyusui ketika sedang sakit karena dalam keadaan sakit pun kualitas ASI tidak akan berkurang dan produksinya pun akan seperti sedia kala.

Selain itu, antibody yang dibentuk oleh ibu yang sedang sakit akan terdapat dalam ASI. Itu yang akan memberikan zat kekebalan tubuh untuk menghindari bayi tertular penyakit.

Berikut ini adalah beberapa macam gangguan kesehatan dan cara mengatasinya.

1. Jika Terserang Flu

Flu atau demam dapat menyerang siapa saja termasuk seorang ibu yang sedang menyusui. Untuk itu sang ibu disarankan untuk memakai masker selama proses menyusui dan saat berada didekat sang buah hati. Selain itu bisa juga ditambah dengan mengkonsumsi obat dari dokter.

2. Jika Sedang Diare

Diare dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan didalam tubuh. Oleh sebab itu sang ibu harus menjaga asupan makan dan minumnya untuk mengganti cairan yang keluar.

Serta hindari makanan yang dapat memicu diare semakin parah. Biasakan untuk selalu mencuci tangan sehingga mengurangi penyebaran diare.